WARNA-WARNI EKSKUL SMA NASIONAL MALANG

Setiap sekolah memiliki kegiatan ekstrakurikuler (ekskul). Ekskul merupakan kegiatan yang berada di luar program yang tertulis di dalam kurikulum, seperti latihan kepemimpinan dan pembinaan siswa. Ekskul di masing-masing sekolah sering kali mengutamakan pengembangan bakat dan minat bidang tertentu. Ekskul memberikan pelatihan atau pengembangan softskill peserta didik yang dapat digunakan di kehidupannya. Berikut warna-warni ekstrakurikuler yang ada di SMA Nasional Malang.

Paskibra SMA Nasional Malang

Paskibra SMA Nasional Malang lahir pada 2015 dengan nama Passional yang merupakan akronim dari Paskibra SMA Nasional Malang. Passional terdiri dari siswa-siswi SMA Nasional malang yang telah lolos mengikuti seleksi masuk Passional. Seleksi masuk Passional terdiri dari 2 tahap, yaitu tahap seleksi jasmani dan seleksi integritas yang merupakan penentu kelolosan siswa tersebut menjadi anggota Passional. Baca selengkapnya

ECC (English Conversation Club)

ECC merupakan salah satu ekskul di SMA Nasional Malang yang merupakan kependekan dari English Conversation Club. ECC di SMA Nasional Malang berdiri sejak tahun 2015 dan merupakan salah satu wadah yang memfasilitasi bakat dan minat para siswa SMANAS yang menyukai dunia bahasa Inggris ataupun yang ingin belajar sedari awal untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Dalam kegiatan tatap muka, kegiatan rutin ECC dilakukan setiap hari Kamis sepulang sekolah pukul 14.00 WIB. Baca selengkapnya:

OPS Perspektif (Jurnalistik)

Organisasi Pers Siswa (OPS) Perspektif merupakan ekskul jurnalistik yang ada di SMA Nasional Malang. Ekskul jurnalistik di SMA Nasional Malang baru terbentuk Agustus 2017. Media yang digunakan kala itu adalah majalah dinding (mading sekolah). Pada 2018, terbentuklah nama OPS Perspektif dengan media yang digunakan mading, instagram (@ops_perspektif), dan bersama Tim Media Center SMA Nasional Malang menjadi kontributor di website sekolah, www.smanasionalmalang.sch.id. Baca selengkapnya:

Musik

Tujuan pembelajaran ekstrakurikuler musik, khususnya band, yaitu untuk menyalurkan dan mengembangkan potensi siswa dalam hal bermusik. Materi pembelajaran ekstrakurikuler band berlangsung dengan pembelajaran teori dan praktik berupa dasar-dasar bermain musik serta bermain sebuah lagu yang telah ditentukan oleh pelatih. Strategi yang digunakan dalam melatih siswa bermain band, yaitu dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode instruksi.  Baca selengkapnya:

UKS (Usaha Kesehatan Sekolah)

UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah merupakan wahana untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan selanjutnya membentuk perilaku hidup sehat di lingkungan sekolah. Tujuan dibentuknya UKS, yaitu untuk menumbuhkan sikap kepedulian sosial dan kesehatan di lingkungan sekolah. UKS SMANAS bekerja sama dengan Puskesmas Janti dalam penanganan kesehatan dan beberapa kegiatan kesehatan seperti suntik difteri, skrining kesehatan, upaya kesehatan gigi, pemberian imunisasi, pemberian obat penambah darah dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kesehatan. Baca selengkapnya:

SMA Nasional Malang Basketball (SNAB)

Ekstrakurikuler Basket merupakan salah satu kegiatan pengembangan kemampuan nonakademik siswa yang ada di SMA Nasional Malang pada cabang olahraga Bola Basket. SNAB (SMA Nasional Basketball) merupakan nama tim basket SMA Nasional Malang yang terdiri dari Tim Putra dan Tim Putri. Tim ini pernah mengikuti berbagai perlombaan dengan kategori 5 vs 5 dan 3 vs 3. Pada kegiatan latihan SNAB memiliki dua jenis latihan, yaitu latihan rutin/wajib dan latihan khusus untuk peningkatan kekuatan fisik/pendalaman skill tertentu.  Baca selengkapnya:

Hockey

Hockey di SMA Nasional Malang bisa dibilang baru karena mulai dibentuk pada tahun 2017 dan masih 3 tahun berada di SMA Nasional Malang. Meski dibilang baru Hockey di SMA Nasional Malang telah memperoleh juara tingkat kota. Untuk itu peluang prestasi di bidang olahraga khususnya Hockey ini sangat besar. Salah satu faktor peluang prestasi yang sangat besar adalah minimnya pesaing tim hockey di Kota Malang. Baca selengkapnya:

SMANAS Dance Club

SMANAS Dance Club, atau lebih sering dikenal dengan sebutan SNDC merupakan salah satu ekstrakurikuler  yang ada di SMA Nasional Malang. Pembina ekskul dance di SMANAS adalah Ibu Ismiatul Fadillah, yang juga merupakan salah satu guru di SMA Nasional Malang. SNDC sudah memiliki 4 generasi. Baca selengkapnya:

SMANCULLASS (SMANAS Culinary Class)

Smancullass (SMANAS Culinary Class) merupakan ekstrakurikuler  tata boga yang ada di SMA Nasional Malang. Smancullass dibentuk pada tahun 2018 di awal tahun pelajaran baru. Ekskul  ini diselenggarakan setiap seminggu sekali di hari Sabtu yang diikuti beberapa siswa dari kelas X dan kelas XI SMA Nasional Malang. Baca selengkapnya:

SMANAS FC (Futsal Community)

SMANAS FC merupakan salah satu ekskul di SMA Nasional Malang yang merupakan kependekan dari SMANAS Futsal Community. SMANAS FC di SMA Nasional Malang berdiri sejak tahun 2018 dan merupakan salah satu wadah yang memfasilitasi bakat dan minat siswa SMANAS yang memiliki hobi ataupun yang ingin belajar futsal sedari awal. Dalam kegiatan tatap muka, kegiatan rutin SMANAS FC dilakukan setiap hari Jumat pukul 15.00 WIB. Baca selengkapnya:

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Share on email

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close Menu