Selayang Pandang Ekskul Jurnalistik OPS Perspektif

Organisasi Pers Siswa (OPS) Perspektif merupakan ekskul jurnalistik yang ada di SMA Nasional Malang. Ekskul jurnalistik di SMA Nasional Malang baru terbentuk Agustus 2017. Media yang digunakan kala itu adalah majalah dinding (mading sekolah). Pada 2018, terbentuklah nama OPS Perspektif dengan media yang digunakan mading, instagram (@ops_perspektif), dan bersama Tim Media Center SMA Nasional Malang menjadi kontributor di website sekolah, www.smanasionalmalang.sch.id.

OPS Perspektif hadir untuk meningkatkan softskill siswa SMA Nasional Malang dalam dunia tulis-menulis, desain, ilustrasi, dan fotografi. . Ekskul ini berbentuk organisasi pers siswa sehingga memiliki susunan atau stuktur tertentu yang jajaran pemimpin dan anggotanya merupakan siswa dan bergerak dalam bidang pers (pengumpulan dan penyiaran berita).

Di OPS Perspektif terdapat 2 stuktur kepengurusan, yaitu sebagai berikut.

  1. Struktur keorganisasian. Di sini, siswa dapat belajar berorganisasi sesuai peran masing-masing.
  2. Struktur keredaksian. Di dalam struktur keredaksian, siswa dibagi atas bakat dan minat masing-masing. Bakat dan minat yang dapat dipilih yaitu divisi berita, divisi nonberita (sastra), dan divisi artistik (meliputi desain, ilustrasi, dan fotografi).

Makna Filosofis Nama dan Logo

Nama Perspektif dipilih karena mampu mewakili simbol sebuah perspektif atau sudut pandang. Nama OPS Perspektif dipilih karena mencerminkan jiwa dan tujuan yang ingin dicapai, demikian juga dalam logo OPS Perspektif. Ilustrasi bentuk bolpoin dalam logo mewakili simbol jurnalistik. Bentuk diafragma kamera selain simbolis dunia fotografi yang juga lekat dengan jurnalistik, juga sebagai ragam sudut pandang dari sebuah karya. Seperti sebuah diafragma kamera yang mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk, di sini OPS Perspektif diharapkan mampu menghasilkan beragam sudut pandang baru dan karya-karya baru yang lebih segar dan original serta menjadi solusi akan atas kebutuhan informasi siswa SMA Nasional Malang secara khusus dan masyarakat umum secara lebih luas. Bentuk lingkaran dalam logo secara tersirat merupakan simbol sebuah globe, mewakili makna pengetahuan yang luas.

Kegiatan di OPS Perspektif

Dalam OPS Perspektif, siswa tidak hanya dilatih untuk dapat mengumpulkan dan menuliskan berita, tetapi ada kompetensi lain yang dapat didalami dan dikembangkan. Dunia jurnalistik tidak hanya tentang tulisan, tetapi juga membutuhkan desain, ilustrasi, dan fotografi yang baik. Semua komponen tersebut saling terkait untuk menghasilkan berita dan karya yang baik dan bermanfaat.

Untuk meningkatkan kompetensi tersebut, para anggota (redaksi) OPS Perspektif melakukan kegiatan berikut.

  1. Magang, yaitu menerima materi-materi tertentu dari pemateri-pemateri ahli dalam bidangnya. Biasanya, OPS Perspektif bekerja sama dengan Lembaga Pers Mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Kota Malang atau lembaga pers umum.
  2. Liputan atau praktik, yaitu para anggota terjun ke lapangan untuk mengasah kemampuan bidang masing-masing anggota, meliputi berita, sastra, desain, ilustrasi, dan fotografi jurnalistik.
  3. Kunjungan redaksi, yaitu studi banding ke organisasi pers atau lembaga pers umum yang kredibel.
  4. Analisis sosial (ansos), yaitu kegiatan yang dilakukan OPS Perspektif dengan mengunjungi suatu wilayah tertentu untuk melakukan analisis terhadap lingkungan sebagai salah satu cara penggalian data. Melalui ansos, diharapkan karya-karya jurnalistik yang baru dapat muncul dengan perspektif atau sudut pandang yang segar, antimainstream, unik, dan bermanfaat untuk orang lain.
  5. Liputan, menggambar, dan menulis beragam jenis tulisan untuk mengisi mading sekolah dan website sekolah

Prestasi

Sejak terbentuk tahun 2017, dengan izin Allah Yang Mahabesar, OPS Perspektif berhasil mendapatkan 4 prestasi dari 6 perlombaan yang pernah diikuti.

  1. Juara III Lomba Mading 3 Dimensi tingkat Jawa Timur dalam rangka Dies Natalis ke-31 Fakultas MIPA Universitas Brawijaya pada 2018 atas nama tim (Ika Dwi Meilani, Silvy Krisanti, Oktania Nur Feruzzia, Muffida Rahmatus Silvia, dan Maret Tika Wulandari).
  2. Juara II Lomba Jurnalistik se-Malang Raya dalam Rangka Commolympic 2019 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya pada 2019 atas nama Febi Ardila Pramestika.
  3. Juara I Lomba Jurnalistik se-Malang Raya dalam Rangka Commolympic 2019 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya pada 2019 atas nama Maret Tika Wulandari.
  4. Juara II Lomba Jurnalistik tingkat SMA/Sederajat se-Jawa Timur pada kegiatan Arteight 2021 dalam rangkaian acara HUT ke-48 SMAN 8 Malang

Salam OPS Perspektif

Setetes tinta mengubah dunia

Jika kalian ingin meningkatkan kemampuan diri, ingin selangkah lebih maju dibanding yang lain, dan ingin bermanfaat untuk orang lain, silakan bergabung bersama OPS Perspektif dengan menghubungi Pimper OPS Perspektif (0895383011397 – Aven) atau Pembina OPS Perspektif (085645888762 – Bu Yana).

BACA JUGA:

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Share on email

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close Menu