Ratusan Siswa SMP Negeri Berburu Kursi PPDB di SMANAS

Ratusan siswa SMP Negeri baik dari Kota maupun Kabupaten Malang menyerbu SMA Nasional Malang (SMANAS). Mereka datang untuk melaksanakan tes pendaftaran peserta didik baru (PPDB) 2020/2021 gelombang II. Tidak hanya berasal dari Malang Raya, peserta tes juga ada yang berasal dari Lamongan, Pasuruan, Lumajang, Blitar, Solo, Semarang, bahkan Denpasar dan Kalimantan.

Tes PPDB dilaksanakan setiap hari, namun akan mencapai puncak pada Jumat dan Sabtu. Peserta tes terbanyak biasanya datang di hari Jumat, sejumlah 50-80 peserta. Demikian pula pada Jumat (31/1), ada sebanyak 81 siswa SMP yang melakukan tes di SMANAS.

 Acara yang dimulai dengan presentasi dari kepala sekolah SMANAS, Drs. Rusdi, M.Si. ini dilakukan di ruang studio prestasi.

Suasana presentasi terasa tenang namun serius. Pada presentasinya Bapak Rusdi membicarakan kedisiplinan dan cara kerja SMANAS dalam mendidik para siswanya. Salah satu caranya adalah dengan “mempekerjakan” siswanya sesuai bakat yang dimilikinya. “Seperti pendapat Menteri Pendidikan Indonesia, siswa seharusnya kerja sesuai dengan bakat yang dia miliki,” tutur Kepala Sekolah dari SMA Swasta yang telah banyak mendapat penghargaan ini.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika SMANAS merupakan sekolah SMA Swasta terbaik nasional. Hal ini juga dibuktikan dengan 19 penghargaan yang turut ditayangkan oleh Bapak Rusdi. Beliau juga memotivasi siswa dengan manayangkan prestasi-prestasi yang telah diraih SMANAS. Selain itu, Pak Rusdi menegaskan bahwa kesuksesan seseorang bukan ditentukan oleh IQ saja, tetapi juga dari attitude. “Jadi, saya mengutamakan integritas,” tegas Pak Rusdi. Di samping itu, Kepala SMANAS tersebut juga menjelaskan 10 kunci kesuksesan, di antaranya jujur, disiplin, dan mudah bergaul.

Penyampaian materi dilanjutkan dengan penjelasan bahwa lulusan SMANAS dilarang untuk menikah setelah lulus. Mereka diharuskan memilih antara dua pilihan, kerja atau kuliah. “Kerja atau kuliah. Saya tidak mau punya murid tidak kaya, mulai dari kelas X harus punya entrepreneurship,” terang Pak Rusdi. Beliau memaparkan bahwa lulusan SMANAS tidak boleh menganggur.

Selain itu, Kepala Sekolah SMANAS juga menayangkan profil guru dan foto acara expo campus. Dilanjutkan dengan penjelasan Bapak Rusdi tentang Choir Ebi, lulusan SMANAS 2019 yang diterima di sekolah kedinasan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD). Setelah mendengarkan presentasi dari Kepala Sekolah, para peserta diarahkan menuju tempat tes.

Para siswa melakukan tes selama kurang lebih 2 jam. Mereka mengerjakan dengan sangat serius dan penuh kesungguhan. Mereka berharap dapat lolos tes dan bisa masuk di SMA Nasional Malang. “Saya merasa lega telah melaksanakan tes ini,” ungkap Anita, salah satu siswa SMPN Kabupaten Malang ini. “Saya berharap saya bisa mendapatkan nilai yang memuaskan dan lolos,” tambahnya.

Di sisi lain, ada beberapa alasan mereka tes di SMANAS, dan banyak sekali harapan dan mimpi mereka ke depan. Salah satunya disampaikan oleh Faizal Ramadhanu. “Ketika di SMP saya masih belum mampu berprestasi ataupun membanggakan. Saya berharap di SMA ini saya dapat mengukir prestasi, menjadi lebih baik, dan membanggakan sekolah maupun orang tua,” ucap Faizal yang juga salah satu peserta tes.

Pendapat Faizal didukung dengan pendapat Melinda Firdayanti. Siswa kelas IX G di SMP-nya ini mengaku ingin menjadi siswa SMANAS karena merupakan sekolah berprestasi. “Saya juga ingin bisa berprestasi dalam bidang Biologi,” ujar Melinda. Selain Melinda, Suci Tamara Oktavia tak mau kalah. “Saya ingin kuliah, mengembangkan bakat, dan berprestasi lewat Ekonomi,” ungkap Suci.

Harapan-harapan peserta tes PPDB SMANAS tersebut disambut baik oleh Maret Tika Wulandari. Salah satu anggota Tim Sepuluh yang terlibat dalam kepanitiaan PPDB ini mengaku senang dapat membantu adik-adik tes. “Alhamdulillah, semoga bisa mengubah mindset masyarakat bahwa sekolah swasta juga bisa berprestasi, juga bahwa SMANAS merupakan sekolah yang hebat di Kota Malang,” tutur siswa XI IPS 2 ini. Maret juga berharap agar PPDB SMANAS semakin sukses.(fbi/apl/hm//bya)

Catatan:
Pengumuman hasil tes PPDB dapat dilihat di tautan berikut https://smanasionalmalang.sch.id/pengumuman-hasil-tes-ppdb-sma-nasional-malang-tahun-pelajaran-2020-2021/

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Share on email

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close Menu