EXPOSS 2021, Wujud Solidaritas Alumni SMANAS

Solidaritas seluruh civitas SMA Nasional Malang (SMANAS) memang tidak perlu diragukan lagi, bahkan dari para alumni. Agenda yang digelar Sabtu (6/2) itu menjadi saksi bisu kekompakan tersebut. Pasalnya, seluruh alumni SMANAS yang diterima di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta ternama dari seluruh Indonesia hadir membawa berjuta cerita sukses dan inspiratif dalam EXPOSS (Expo Campus of SMA Nasional Malang) 2021.

Anis Safela, ketua panitia pelaksana, mengucapkan terima kasih karena sekolah telah memfasilitasi dan men-support sehingga acara yang bertajuk ”Menuju Kesuksesan Tanpa Keraguan” itu dapat terlaksana. “Untuk adik-adik, cari segala informasi untuk bekal kalian di perguruan tinggi nanti,” ungkap alumnus yang sekarang menjadi mahasiswa Universitas Jember tersebut.

Drs. Rusdi, M.Si. menyambut hangat perhatian alumni tersebut. “Sebelum saya masuk, saya sangat terharu melihat banner expo kampus ini. Saya tidak menyangka, bahkan alumni tahun lalu bisa menjadi event organizer yang hebat,” ungkap Kepala SMANAS tersebut bangga. Beliau pun tidak menyangka bahwa sekolah yang dipimpinnya bisa lebih besar seperti sekarang karena melihat 8,5 tahun ke belakang, siswanya hanya berjumlah empat belas. “Sekarang bisa memiliki pendaftar hingga 639. Alhamdulillah SMANAS juga selalu banjir prestasi hingga 23 Januari 2021 kemarin, SMANAS diberi penghargaan sebagai sekolah swasta terbaik se-Indonesia,” terang Pak Rusdi. Beliau mengaku bangga pada para alumni yang hebat karena mampu berjuang. “Kalian bukan hidup di kota, bukan dari keluarga kaya, tapi kalian memiliki semangat yang tinggi untuk berjuang meraih sukses,” ungkap beliau.

Dalam Expo Campus 2021, alumni memberikan materi berisi arahan untuk siswa kelas XII SMANAS. Materi pertama disampaikan oleh Agustinus Lorenza Christianus Prasetyo. Dia menjelaskan prosedur dan macam-macam jalur masuk kuliah. “Aku yakin bahwa teman-teman bisa lolos semuanya,” tutur mahasiswa S1 Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya itu. Selain itu, Agustinus juga menjelaskan beragam beasiswa kuliah, etika menjadi mahasiswa, dan manajemen diri ketika di kampus dan berorganisasi. Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Materi kedua disampaikan oleh Choir Ebi Dwi Aditya. Taruna Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) itu menyampaikan “Kunci Sukses Masuk Kampus Impian.” Menurut Choir, kunci sukses yang paling utama adalah mengenali diri dan fokus pada kekuatan dan minat diri sendiri. Kunci sukses lainnya adalah konsisten dalam belajar dan mempersiapkan diri. “Percuma jika belajar sekian jam, tapi tidak konsisten. Lebih baik hanya 30 menit, tapi dilaksanakan setiap hari. Maka, akan dapat hasil yang maksimal,” terang Choir. Beragam kunci sukses disampaikan oleh Choir dan mendapat banyak respons positif dari siswa kelas XII. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya siswa yang mengangkat tangan, berebut untuk bertanya. Selain materi dan sesi tanya jawab, panitia juga memutarkan beberapa video profil perguruan tinggi di Indonesia.

Seluruh siswa SMANAS sangat antusias dan semakin terbakar semangatnya ketika dilaksanakan games tebak gambar yang dipandu oleh Fitra Aditia dan Dandy Karisma. Dua alumni tersebut dapat membuat para siswa dan guru meledakkan tawa. Setelah berfoto bersama, acara  dilanjutkan dengan kunjungan ke stan-stan universitas sekaligus menjadi penghujung acara EXPOSS 2021.

“Acaranya seru banget, game-nya juga menarik, dan materinya keren,” ucap Annisa Putri Wardhani, salah satu peserta EXPOSS 2021. Siswi kelas XII SAINTEK A itu mengaku bahwa konsep kunjungan stan adalah konsep yang paling disukai karena bisa langsung konsultasi dengan para alumni.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Syahrur Robi, salah satu peserta EXPOSS 2021. “Menurut saya, acara kunjungan stan universitas di expo campus ini sangat menarik dan lebih efektif,” tutur siswa yang ingin mengambil jurusan S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tersebut. Melalui Expo Campus 2021, lanjutnya, dia bisa lebih termotivasi untuk kuliah. “Saya ingin membuat kedua orang tua saya bangga karena saya satu-satunya anak yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ” tegas siswa XII Soshum A tersebut.

Di sisi lain, Yusup Firmansyah mengungkapkan rasa senangnya karena bisa mengikuti acara EXPOSS. Dia mengatakan bahwa mentalnya menjadi lebih siap. “Selain bisa menambah wawasan tentang dunia perkuliahan, saya juga jadi lebih percaya diri untuk lanjut kuliah,” tutur siswa yang ingin melanjutkan mimpi di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) tersebut.

Sementara itu, Dandy Karisma, alumni yang sedang menempuh S1 Teknik Informatika menuturkan bahwa dia ingin memotivasi adik-adik agar memiliki harapan lebih besar untuk melanjutkan kuliah. “Saya ingin adik-adik tidak berpikir bahwa SMA adalah jenjang terakhir bagi mereka,” tutur alumni yang menjadi Ketua UKM PESPORT ITN Malang itu. Dandy berharap adik-adik kelasnya tidak mudah goyah apalagi putus harapan karena di dunia perkuliahan mereka akan merasakan hal-hal menarik yang belum dirasakan.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh salah satu guru Matematika SMANAS kepada para alumni. “Acaranya keren, pematerinya juga keren. Games-nya seru sekali. Selain itu, Expo Campus ini dapat memotivasi adik-adik kelas XII untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” tutur Evien Hikmawati, S. Pd. Beliau berharap pandemi bisa segera usai sehingga acara expo bisa lebih meriah dan heboh pada tahun depan.(hm//bya)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Share on email

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close Menu