Tasyakuran Wisuda: Menata Asa Meraih Sukses

Keluarga besar SMANAS menyelenggarakan tasyakuran pelepasan siswa kelas XII, wisuda ke-33 pada Sabtu (13/4). Acara tersebut diikuti oleh seluruh dewan guru dan karyawan SMANAS,  siswa kelas XII, dan wali murid serta pengurus OSIS dan MPK. Acara yang dilaksanakan di lapangan SMANAS itu dihadiri pula oleh pengurus yayasan, kepala SMP Nasional, dan perwakilan rektor Institut Teknologi Nasional.

Acara dibuka langsung oleh Drs. Rusdi, M. Si. Kemudian, hadirin disambut dengan penampilan Tari Garuda serta penampilan dalang Dimas dan kawan-kawan. Di wisuda SMANAS ke-33 ini, Dimas menampilkan lakon “Gatutkaca Winisuda”. Lakon ini dapat mewakili prosesi acara siswa kelas XII SMANAS yang sedang wisuda. Dengan lakon tersebut, Dimas berharap agar para wisudawan dan wisudawati bisa seperti Gatutkaca yang bisa memimpin negara dan nusa bangsa dengan adil dan makmur serta dapat menjadi satria dari orang tuanya. Acara dilanjutkan dengan pembacaan tartil beserta sari tilawahnya.

Dalam acara sambutan, Masfiatul Fatur sebagai perwakilan kelas XII mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu guru SMANAS serta orang tua. Fatur juga meminta maaf karena sebagai anak, tentu dia dan teman-temannya banyak salah “Kita selalu membantah, tapi mereka tidak pernah lelah mendoakan kesuksesan kita,” kata Fatur. Tak lupa, Fatur tetap meminta doa agar dia dan teman-temannya meraih sukses di masa depan.

Sambutan oleh wali murid diwakili Pak Sunari, orang tua Nur Ayu Irmawati. Beliau turut mengucapkan terima kasih kepada dewan guru SMANAS karena telah tiga tahun membimbing anak-anak. Ucapan terima kasih tersebut disambut oleh Pak Rusdi. Pak Rusdi mengajak para wali murid untuk tetap berkomitmen mengantarkan kesuksesan anak-anak, baik yang kuliah maupun yang bekerja. “Insyaallah semuanya sukses karena doa Bapak dan Ibu,” tegas Pak Rusdi. Selain itu, Pak Rusdi juga menyampaikan beragam prestasi yang telah diraih SMANAS.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan prosesi wisudawan dan wisudawati. Satu per satu peserta wisuda maju untuk menerima surat keterangan lulus dan gordon dari wali kelas dan kepala sekolah. Setelah prosesi wisuda, dibacakan wisudawan wisudawati terbaik masing-masing jurusan. Jurusan IPA diraih oleh Masfiatul Fatur Rohman (XII IPA 1). Jurusan IPS diraih oleh Pina Azizah (XII IPS 2). Sedangkan jurusan Bahasa diraih oleh Ayu Lestari (XII Bahasa).

Sebelum penutupan, para wisudawan wisudawati mengucapkan ikrar sebagai alumni SMANAS, di antaranya akan tetap menjaga nama baik SMANAS serta tetap mengembangkan potensi diri. Ada pula penampilan Sudarsono, siswa kelas XII Bahasa yang menyanyikan lagu Bunda. Kemudian, ditayangkan sebuah video sebagai kenang-kenangan berisi foto-foto siswa kelas XII. Dalam video tersebut terdapat sambutan Pak Rusdi. Menurut beliau, wisuda ini sejatinya tasyakuran siswa, guru, dan orang tua. Bahwa setelah tiga tahun, anak-anak bisa lulus. “Ini bukan akhir, tapi ini adalah awal,” tutur Pak Rusdi.

Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan makan bersama, sebagaimana esensi acara, yaitu tasyakuran. Usai makan bersama, para peserta wisuda berfoto dengan guru, orang tua, bahkan adik dan kakak kelas. Senyuman, tawa, dan tangis bahagia mewarnai penutupan acara siang itu. (bya)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Share on email

Berita Terkait

This Post Has 2 Comments

  1. It’s a very wonderful graduation party. Nice Party with Full of Values. Best Wishes for SMANAS I do hope SMANAS will Be Always The Best and Maju Maju Maju ….

  2. SMA nasional memang kebanggaanku…
    Sukses selalu smanas

Tinggalkan Balasan

Close Menu
%d blogger menyukai ini: