Harapan Besar Mengejar Mimpi Besar Bersama P2PUTN

Pembinaan yang dilakukan oleh lembaga Perkumpulan Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional (P2PUTN) terhadap SMANAS membawa jutaan harapan yang akan dicapai di masa depan. Acara yang diadakan pada Senin (29/7) pagi ini dihadiri oleh kepala dan staf P2PUTN, termasuk salah satu pendiri lembaga P2PUTN, Pak B.X. Soeherman.

Semua guru dan karyawan SMANAS menyambut mereka dengan penuh semangat. Hal tersebut tampak jelas dari semangat membara menyanyikan lagu MARS SMANAS. Begitu pula Bapak Ir. Kartiko Ardi Widodo, M.T. yang bersemangat untuk menyanyikan lagu kebanggaan SMANAS tersebut. Kemudian, dilanjutkan dengan pidato singkat dari Bapak Drs. Rusdi, M.Si.

“Tanpa bantuan besar dari lembaga P2PUTN, SMA Nasional Malang  tidak akan menjadi sekolah yang hebat,” tutur Pak Rusdi. Ketua MKKS se-Kota Malang itu juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada lembaga yang selalu memberikan dana bantuan untuk mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar setiap bulannya, terutama ketika SMANAS berada di posisi terpuruk. “Kami ingin menyampaikan rasa terima kasih terbaik kami atas P2PUTN yang telah memberikan dukungan terbaik sehingga sekolah ini dapat terus bergerak maju,” tambah beliau.

“Selamat kepada SMANAS dapat menjaga kepercayaan publik,” kata Ny. Lenni Saragih, S.Km., M.Kes. untuk memulai pembinaannya. Beliau menekankan bahwa pencapaian besar datang dari kerja tim. Hal itu sesuai dengan lirik MARS SMANAS yang terdiri dari komitmen untuk bekerja sama dan maju lebih baik. Ibu Lenni menuntut semua guru untuk meningkatkan kompetensi mereka karena mereka akan menjadi panutan bagi semua siswa. “Kami menaruh kepercayaan besar untuk membuat lembaga ini terus maju, dan kami berharap kami masih bisa mendapatkan kepercayaan publik,” harap beliau.

Pembinaan kemudian dilanjutkan oleh Pak Kartiko yang juga kagum atas prestasi yang telah diraih oleh  SMANAS. “Upaya besar dimulai dengan ketekunan, perencanaan yang matang, dan dilakukan bersama,” kata beliau kepada semua guru dan karyawan. Beliau menyatakan bahwa guru sekolah swasta yang dapat memimpin siswa untuk mendapatkan banyak prestasi berarti mereka berhasil. Beliau juga mengucapkan selamat kepada Bapak. Rusdi sebagai kepala sekolah SMANAS dan juga para guru yang telah bekerja keras dan menciptakan kerja sama yang luar biasa.

Ketua P2PUTN Malang ini mengingatkan semua guru bahwa berjalan di atas nama yang besar biasanya membuat mereka lupa untuk berjuang lebih keras lagi dan malah hanya menikmati kebesarannya saja. “Faktanya, ada begitu banyak pesaing di sekitar kita yang maju dan berusaha untuk menjadi yang terbaik, jadi ketika sudah besar, usaha juga harus semakin tinggi untuk mempertahankan,” tambah beliau. Bapak Kartiko juga menjelaskan lima dasar untuk menjaga konsistensi lembaga yaitu manajemen keuangan yang akuntabel, manajemen sumber daya manusia, manajemen infrastruktur, manajemen akademik, dan manajemen teknologi informasi.

Selain itu, beliau menjelaskan bahwa para guru harus lebih memperhatikan peningkatan komponen pendidikan. “Komponen pendidikan terdiri dari pembangunan karakter, konsep kompetensi dengan membangun pola pikir kreatif, kritis, dan kolaboratif, dan literasi yang merupakan salah satu contoh melalui fasilitas e-library untuk meningkatkan prestasi siswa,” terang Pak Kartiko lebih lanjut. Beliau juga menyampaikan kepada SMANAS untuk menjadi lebih inovatif dan memiliki sinergi yang besar satu sama lain.

Pembinaan berikutnya disampaikan oleh Bapak B.X. Soeherman yang percaya bahwa semua program yang direncanakan oleh para pendahulu telah diterapkan dengan baik melihat keberhasilan SMANAS saat ini. “Saya harap Pak Rusdi dan semua guru yang dibimbing oleh P2PUTN dapat mendidik siswa agar menjadi generasi berkualitas tinggi,” harap salah satu pendiri P2PUTN kepada seluruh guru dan karyawan SMANAS. Selain itu, beliau menaruh harapan yang tinggi bagi para guru SMANAS untuk dilatih menggunakan bahasa asing yang bertujuan untuk membuat SMANAS maju ke kancah internasional.

Kemudian, berita yang sangat menakjubkan disampaikan oleh Bapak Rusdi. Beliau mengumumkan hasil akreditasi di SMANAS. “Alhamdulillah, kami mendapatkan nilai A,” kata beliau. Di akhir acara, tiba-tiba Pak Rusdi bertutur ingin bernyanyi. Lagu yang dinyanyikan adalah Selamat Ulang Tahun. Momen acara pembinaan tersebut menjadi lebih hangat dan lebih menyentuh karena SMANAS juga merayakan ulang tahun kepala P2PUTN. “Saya tidak bisa berkata-kata apa pun karena saya tidak menyangka akan mendapatkan kejutan ini,” ungkap Pak Kartiko.

Bapak Mustafa, salah satu guru bahasa Indonesia di SMANAS, mengatakan harapannya setelah mengikuti pembinaan yang diberikan oleh P2PUTN Malang. “Saya berharap yang terbaik terutama untuk SMANAS. Semoga semua guru, termasuk saya dapat meningkatkan kompetensi kami  lebih baik di masa depan, ”harap pembina ekstra kurikuler teater ini.(hm//bya)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Share on email

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close Menu