SMANAS Pilot Project UM: Bentuk Karakter Siswa

                Lagi, SMA NAsional Malang dipercaya oleh Universitas Negeri Malang (UM) untuk menjadi pilot project sebagai media pembelajaran seluruh mahasiswa dari berbagai jurusan.  Para mahasiswa Kajian Praktik Lapangan (KPL) ini diantar oleh perwakilan dosen pembimbing dari UM pada Senin (29/7). “Mari kita bangun pendidikan yang bagus dengan membentuk siswa berintegritas tinggi,” tutur Pak Rusdi berpesan kepada seluruh mahasiswa KPL. Beliau juga menegaskan bahwa pondasi awal untuk seluruh mahasiswa dalam mengajar adalah selalu melihat dan mengembangkan kelebihan yang dimiliki siswa. “Tidak ada siswa bodoh karena mereka memiliki keahlian masing-masing. Fokus saja untuk mengembangkan potensi mereka,” ungkap Kepala SMANAS tersebut.

                Ucapan terima kasih disampaikan oleh Dr. Rustanto Rahardi, M.Si. dalam sambutannya. “Saya sangat berterima kasih karena SMA Nasional menerima kami dengan sangat-sangat menyenangkan,” tutur dosen pembimbing jurusan Matematika tersebut. Beliau juga berpesan kepada seluruh mahasiswa KPL UM untuk tidak hanya menjalankan tugas sebagai KPL saja, namun ikut serta dalam mendidik seluruh siswa-siswi SMA Nasional. “Saya sangat bangga kepada Bapak Rusdi dan juga SMA Nasional Malang ini. Saya berharap kita dapat menjalin kerja sama yang baik ke depan, misalnya dalam pengembangan soal-soal HOTS bagi siswa dan lain sebagainya,” harap Pak Rustanto mengakhiri sambutannya.

                Setelah itu, Pak Rusdi menjelaskan tentang beberapa program sekolah seperti M-Gopek serta memperkenalkan seluruh staf, guru pamong, dan tenaga kependidikan. “Jadilah guru yang baik dan ikhlas,” pesan Pak Rusdi sekaligus menutup acara penerimaan Mahasiswa KPL gelombang I tersebut. Pak Faisal, salah satu mahasiswa KPL gelombang I, berharap agar bisa menjadi guru yang baik.“Saya ingin bisa belajar menjadi guru yang baik dan disukai oleh siswa supaya mereka juga suka pada pelajaran saya,” tuturnya. Mahasiswa KPL Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tersebut juga berkeinginan untuk menjadi seorang guru yang menginspirasi seluruh siswanya. Sama halnya dengan Pak Faisal, Bu Sinta menuturkan harapannya bahwa beliau ingin mendapatkan ilmu baru dalam proses pembelajaran di lapangan. “Saya juga ingin belajar untuk memahami karakteristik setiap siswa yang saya ajari,” tambah salah satu mahasiswa KPL Jurusan Pendidikan Fisika ini.

                Tidak hanya mahasiswa KPL yang menuturkan harapan besarnya, Lilik Rodiana, S.Pd. juga memiliki ekspektasi terhadap seluruh mahasiswa KPL UM. “Semoga bisa lebih siap menghadapi anak-anak serta memberikan aura positif,” ungkap guru Fisika sekaligus guru pamong tersebut. Hal ini juga didukung oleh salah satu guru pamong yang menyatakan bahwa mahasiswa KPL diharapkan tidak hanya mengetahui cara mengajar, namun juga sekaligus mendidik siswa. “Semoga bisa mendapatkan banyak pengalaman baik masalah administrasi maupun manajemen kelas,” tambah Miss Vivin, guru Bahasa Inggris SMA Nasional Malang. (hm//bya)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Share on email

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close Menu