Semangat Baru di Semester Baru

Seluruh siswa dan guru SMANAS sudah berbaris rapi di lapangan pada Rabu (2/1) pagi. Mereka akan melakukan apel pagi dalam rangka menyambut awal semester genap 2018/2019. Saat memberikan sambutan, Drs. Rusdi, M.Si. menyekors apel, lalu menyuruh peserta apel berdiri mengelilingi lapangan.

Siswa diajak melakukan permainan kecil untuk melatih keseimbangan otak kiri dan otak kanan. Di antara yang dilakukan adalah tangan lurus ke depan, tangan diletakkan di depan muka, dan tangan mengepal. Masing-masing gerakan memiliki filosofi. Pertama, siswa harus berani maju tanpa rasa takut.

“Apa pun rintangan yang kalian hadapi, sikat!” tegas Pak Rusdi pada seluruh siswa.

Kedua, siswa harus fokus pada diri sendiri. “Biarkan orang meremehkan kalian, tapi buktikan bahwa kalian bisa sukses!” kata Pak Rusdi penuh semangat. “Orang sukses yang awalnya diremehkan orang lain lebih spektakuler daripada orang sukses yang sejak awal diyakini akan sukses,” tambahnya. Pak Rusdi berharap agar siswa SMANAS tidak perlu menghiraukan komentar orang lain yang menjatuhkan semangat. Mereka harus fokus meningkatkan kompetensi diri.  

Ketiga, seluruh siswa SMANAS harus yakin bahwa jika mereka berani maju, fokus pada diri sendiri, maka mereka akan meraih kesuksesan yang diharapkan. Kegiatan ini diharapkan dapat mengubah mindset siswa agar siswa dapat anti mainstream. Siswa SMANAS harus berbeda dan tidak berpikir seperti kebanyakan orang. Setelah dibubarkan, para siswa disuruh membersihkan kelas masing-masing. Setelah itu, mereka harus menulis di kertas tentang prestasi yang diraih di 2018 serta target-target yang ingin dicapai pada 2019. (bya)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Share on email

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close Menu