Forum Pelatih Futsal Malang di SMANAS

Forum Pelatih Futsal Malang Kembali Sambangi SMA Nasional Malang

Memasuki pertemuan pekan ke-3, Forum Pelatih Futsal Malang kembali mengunjungi SMA Nasional Malang untuk diskusi rutin mingguan. Kali ini, Sabtu (4/7), topik yang dipilih adalah identifikasi kebutuhan fisik cabang olahraga. Kegiatan yang diselenggarakan di ruang Studio Prestasi SMA Nasional ini menggandeng anggota Bidang Pembinaan dan Prestasi Kricket Jawa Timur, Nurul Riyad Fadli, S.Pd., M.Or.

Pemateri yang juga merupakan Dosen di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang (UM) ini memiliki pengalaman yang mumpuni terkait fisik olahragawan. Selain mengajar di kampus, alumnus S2 Universitas Negeri Solo (UNS) itu juga menjadi pelatih fisik di beberapa atlet pada cabang olahraga yang berbeda.

“Fisik adalah faktor terpenting untuk seorang atlet dalam cabang olahraga dan merupakan salah satu penunjang untuk meraih prestasi tertinggi,” ujar Fadli pada pembukaan diskusi. Para pelatih futsal di Kota Malang yang hadir dalam diskusi tersebut sangat antusias menerima materi yang disampaikan pemateri. Hal itu disebabkan oleh terbatasnya kesempatan untuk berdiskusi dengan praktisi maupun akademisi terkait fisik atlet.

“Pelatih fisik hendaknya ada di setiap klub atau tim futsal untuk mendampingi pelatih kepala dan asisten pelatih dalam menjalankan program latihan yang telah disusun,” lanjut pria yang juga merupakan CEO Active Movement Kota Malang tersebut.

Harapan ke depan dari pria yang gemar minum kopi tersebut adalah setiap klub atau tim memiliki pelatih fisik sendiri sehingga membuat fokus pelatih kepala tidak terpecah. Kemudian, dari diskusi pekan ke-3 tersebut diharapkan para pelatih juga bisa membagi sedikit materi yang disampaikan ke tim staf kepelatihan untuk menambah pengetahuan tentang fisik pemain binaannya.

Peserta sangat antusias menyimak materi yang disampaikan, terutama pada bagian materi fisik kategori usia, mengingat para pelatih yang hadir membina tim dan klub dengan usia yang berbeda-beda. Usa Laksono salah satunya. Pelatih klub futsal Unggul FC Malang itu banyak bertanya seputar metode latihan fisik yang tepat pada pemain U-20 hingga recovery pemain. Pelatih yang juga merupakan pelatih kepala tim futsal putra Kota Malang pada gelaran Porprov Jawa Timur VI itu mengatakan sangat senang dengan adanya penyampaian materi fisik ini.

“Saya sudah kewalahan dengan latihan teknik dan taktik sehingga sangat membutuhkan pelatih fisik, tetapi dengan adanya diskusi hari ini wawasan saya bertambah mengenai fisik seorang pemain dan latihan seperti apa yang harus diberikan,” ujar Usa. Usa juga menuturkan bahwa tugas pelatih fisik sangat penting di klub yang dia tangani karena sangat membantu dalam meningkatkan stamina dan daya tahan pemain ketika pertandingan. (Way)

BACA JUGA:

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Share on email

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close Menu