Spektakuler! Siswi SMA Nasional Malang Raih Nilai Sempurna pada UTBK 2021 bidang Kimia

“Saat mengunduh  sertifikat UTBK dan melihat nilai, saya sangat terkejut ketika melihat nilai 1.000 untuk mapel Kimia,” ungkap Susilowati. Siswi SMA Nasional Malang tersebut berhasil meraih nilai sempurna pada UTBK 2021 bidang Kimia. “Alhamdulillah, saya tidak menyangka. Saya sangat senang dan suuuangat senang,” kata Susi tak henti bersyukur. Dia mengaku, dia juga bangga dengan dirinya. Ilmu kimia yang sudah diajarkan guru dan olimpiade-olimpiade yang pernah diikui ternyata membuahkan hasil yang begitu memuaskan.

Perolehan nilai 1.000 tersebut merupakan hasil dari perjuangan yang panjang. “Saya merasa buruk ketika tidak lolos SNMPTN, tetapi saya tidak berkecil hati,” ungkap Susi. Siswi yang pernah menjadi juara II Nitron UM 2020 itu menjelaskan, dia berjuang mengikuti bimbel di sekolah. Selain itu, dia juga aktif mengikuti try out online untuk mengasah kemampuan dan mengetahui kemajuan nilainya. Susi juga aktif meminta tambahan bimbel pada guru di sekolah bahkan di rumah. “Saya berusaha ikhlas dan diniati sebagai ibadah sebab mungkin ini jalan yang sudah di-qadar-kan Allah,” ujar siswi yang diterima di S1 Kimia Universitas Brawijaya itu. “Akan tetapi, saya begitu bangga dengan nilai itu sebab itu benar-benar buah dari kerja keras selama ini,” tambahnya.

Selain mengucapkan rasa syukurnya, Susi juga berterima kasih pada sang ibu. Ibunya memotivasi Susi agar mendapat nilai maksimal karena beliau benar-benar rida jika Susi kuliah di Malang. “Saya juga sangat berterima kasih kepada Pak Soni, guru Kimia yang selalu memotivasi. Terima kasih juga kepada guru-guru hebat SMANAS serta keluarga dan teman-teman,” kata siswi yang pernah mengikuti OSN tingkat provinsi itu.

Tentu saja hal tersebut membuat bangga banyak pihak. “Kami sangat bangga karena seperti kita ketahui bahwa mapel Kimia tidak bisa dipandang sebelah mata, dibutuhkan ketelitian dan keterampilan dalam menghitung,” ujar Bu Eka Listianingsih, M.Pd. “Apalagi, sebelumnya ananda belum rezeki di SNMPTN, tentunya tak mudah bagi ananda Susi untuk kembali semangat mengikuti SBMPTN,” papar Waka Kesiswaan SMANAS tersebut. Bagi Bu Eka, perolehan nilai itu menunjukkan bahwa Susi bisa bangkit dari kegagalannya dengan semangat belajar lebih tinggi sehingga berhasil lolos SBMPTN dan hasil UTBK Kimia sangat spektakuler.

Menurut Bu Eka, Susi termasuk anak yang rajin. “Dari awal kelas X, ananda sudah menekuni bidang kimia, mengikuti berbagai olimpiade, hingga mencapai juara tingkat Nasional,” ungkap pengajar Bahasa Indonesia itu. Tentunya dari berbagai olimpiade tersebut, Susi memperoleh berbagai pengalaman sebagai bekal mempersiapkan diri untuk melanjutkan ke PTN.

Perolehan nilai sempurna tersebut juga membuat Pak Soni Syarifuddin, S.Pd. bangga. “Spektakuler, itu adalah kata pertama yang harus saya sampaikan,” kata Pak Soni. Pak Soni menjelaskan, UTBK adalah tes nasional dengan jumlah peserta mencapai ratusan ribu. Nilai sempurna di bidang kimia menunjukkan bahwa Susi termasuk peserta terbaik nasional dan itu sudah tidak diragukan lagi. “Hasil tidak menyalahi proses, nilai sempurna berkat perjuangan, usaha belajar yang tidak kenal lelah,” ungkap sang guru Kimia. Menurut Pak Soni, Susi selalu berusaha dalam segala kompetisi kimia, dan tentunya disertai dengan doa. “Hal itu telah mengasah dan mengembangkan kompetensi kimianya menjadi semakin sempurna,” terang guru berhasil meraih Gold Medal dalam Kompetisi Sains Madrasah Online 2021 itu.

Pak Soni pun berpesan agar Susi selalu meningkatkan prestasi di bidang Kimia dan terapannya agar aplikatif dan bermanfaat bagi Indonesia. Hasil tidak menyalahi proses, nilai sempurna berkat perjuangan dia yang tidak kenal lelah. “Semoga prestasinya ini menjadi motivasi agar semakin berprestasi dan mengangkat nama SMA Nasional Malang di Universitas Brawijaya Malang,” ungkap Pak Soni.(bya//hm)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Share on email

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close Menu