Sebuah Usaha Meningkatan Rasa Kekeluargaan

Masa liburan sering kali dimanfaatkan para siswa untuk bermain ke beragam tempat wisata, jalan-jalan bersama keluarga, mengunjungi saudara di dalam maupun luar kota, ada pula yang sepanjang liburan hanya berdiam di rumah. Siswa X IPA 2 SMANAS memanfaatkan awal liburan untuk mempererat tali saudara. Hal tersebut dilakukan agar hubungan mereka benar-bear seperti saudara, sesuai pula dengan nama kelas, Tenth Grade of Science Two Brotherhood (Grasibo). Grasibo itu memilih awal liburan agar para warga kelas belum sibuk dengan agenda masing-masing. Dengan didampingi wali kelas, mereka berangkat menuju Sumber Sira, Gondanglegi, pada Selasa (18/12). Wisata Sumber Sira dipilih karena lokasinya tidak terlalu jauh dan tidak memerlukan banyak biaya. Selain itu, airnya jernih dan pemandangan dalam airnya indah.

Saat tiba di lokasi, para siswa segera ganti baju dan menceburkan diri ke air. Suara teriakan dan jeritan bermunculan, mulai dari bahagia, canda, tawa, hingga jeritan takut. Para siswa yang tidak bisa berenang tetap semangat dengan menaiki ban yang disewakan. Mereka sempat membuat deretan panjang ban yang dinaiki dan bersambung sehingga membuatnya seperti kereta. Hal tersebut menarik perhatian pengunjung lain, terbukti dengan banyak yang melihat bahkan ikut tertawa.

Kebersamaan para siswa saat di dalam air membuat mereka leluasa dalam mengutarakan perasaan, tanpa jarak, dan mengatakan segala sesuatu dengan jujur. Beragam emosi terpancar secara apa adanya, tanpa mengada-ada. Mereka saling menjaili satu sama lain, saling tolong, juga saling berbagi saat membuka bekal makan dan minum. Selain itu, rasa penat dan setres jadi hilang. Mereka berharap kebersamaan dan persaudaraan yang terjalin tidak akan sebatas kelas X IPA 2, tetapi selama mereka di SMA Nasional Malang bahkan sampai mereka lanjut usia. (bya)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Share on email

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close Menu