ABSTRAK: Discovery Learning pada Interpretasi Citra

Nurianti, Ismi. 2020. Penerapan Discovery Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Googlemap Satelit  Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Interpretasi Citra Kelas X-IPS 2 Semester 1 Siswa Sma “Nasional”Malang. Laporan Penelitian Tindakan Kelas, Program Pendidikan Profesi Guru Jurusan Pendidikan geografi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing: Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si.

Kata Kunci: PTK, Discovery Learning , Interpretasi Citra, Keterampilan Berpikir Kritis

Peningkatan kualitas pendidikan telah dicanangkan pemerintah sejak lama, salah satu upaya Pemerintah adalah menentapkan standar ketuntasan minimal yang harus dicapai dalam pembelajaran, baik standar tetuntasan minimal untuk keterampilan proses maupun hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pembelajaran.Ketrampilan belajar tidak hanya pada produk yang dihasilkan tetapi juga ketrampilan berpikir kritis kreatif dan inovatif. Berdasarkan  hasil observasi terhadap ketrampilan berpikir kritis siswa, ketuntasan pembelajaran dengan indikator berpikir kritis matapelajaran Geografi di SMA Nasional Malang hanya mencapai kurang dari 50% dan rata-rata nilai ketuntasan klasikal belum memenuhi standar ketuntasan minimum yaitu masih dibawah 75. Dengan belum tercapainya  siswa selanjutnya dilakukan pengamatan dengan menggunakan tes awal ketrampilan berpikir kritis terhadap kemampuan siswa di kelas. Dari hasil observasi tersebut diketahui bahwa ketrampilan berpikir kritis yang dimiliki siswa sangat rendah ditunjukkan dengan hanya menjawab iya dan tidak serta kurang memberikan respon atau pertanyaan kritis kepada siswa maupun guru.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan ketrampilan berpikir kritis Geografi dengan menerapkan pembelajaran model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPS-2 SMA Nasional Malang pada bulan Oktober 2020 sampai November 2020, dan data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.

Hasil yang diperoleh, ketrampilan berpikir kritis siswa matapelajaran Geografi mengalami peningkatan. Peningkatan ketrampilan berpikir kritis ranah kognitif yang pertama mengalami peningkatan 25 % dari pra siklus, yaitu dari 0% pada pra tindakan menjadi 25% pada siklus I. Peningkatan kedua sebesar 54 %, yaitu dari 25 % pada siklus I menjadi 79 % pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan ketrampilan berpikir kritis mata pelajaran Geografi setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model Discovery Learning dengan macam metode yang menarik seperti mind map dan jigzaw. Disarankan kepada para guru Geografi untuk mencoba menerapkan model Discovery Learning agar kualitas pembelajaran Geografi semakin meningkat. Kepada pihak sekolah disarankan agar memberikan fasilitas yang menunjang keberhasilan penerapan model tersebut di sekolah.

Lihat juga “Interpretasi Citra”

INTERPRETASI CITRA

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Share on email

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Close Menu