Atlet Voli SMP Malang Raya Junjung Sportivitas dalam SMANAS Cup 2020

Lapangan SMA Nasional Malang pada Sabtu (22/2) pagi telah dipadati oleh kerumunan para atlet voli SMP yang telah siap untuk bertanding. Mereka adalah para peserta turnamen bola voli putra tingkat SMP/MTs/sederajat se-Malang Raya Open SMANAS Cup 2020. Pelatih, guru, wali murid, serta teman-teman turut hadir guna memberi dukungan terbaik pada masing-masing kontingen. Tak kalah juga, seluruh siswa beserta bapak ibu guru SMANAS berantusias menyambut SMANAS Cup 2020.

Kemeriahan Pembukaan SMANAS Cup 2020

SMANAS Cup 2020 diawali dengan apel pembukaan. Apel dibuka dengan parade perkenalan seluruh kontingen yang dipandu oleh beberapa siswa yang bertugas. Dengan mengenakan kaus voli kebanggaan SMP/MTs masing-masing, para peserta berjalan dengan aura penuh semangat dan optimisme tinggi untuk menjadi juara. Riuh tepuk tangan mengiringi seluruh kehadiran kontingen yang berasal dari SMP/MTs se-Malang Raya tersebut. “Saya merasa bangga sekali dengan seluruh peserta pertandingan bola voli, dan saya yakin seluruh tim yang dipanggil dan diperkenalkan di depan umum juga merasa sangat bangga,” ungkap Faradhilah, siswi kelas XI IPA 2. Dia juga menuturkan bahwa memang tergambar jelas semangat dari seluruh peserta pertandingan. “Menang dan kalah sih sudah biasa, yang penting mereka bisa dapat pengalaman di sini,” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Seraya mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak, Drs. Rusdi, M.Si. membuka sambutan dengan berharap seluruh siswa bisa menjadi sesuatu yang besar melalui bakat yang dimiliki. “Sesungguhnya setiap anak dilahirkan dengan potensi masing-masing,” tutur Kepala SMA Nasional Malang tersebut. “Saya pernah berpikir, suatu saat nanti, ketika dulu siswa SMANAS masih 14 orang, kami sadar Indonesia memiliki talenta-talenta muda, dan setahun, dua tahun, dan tiga tahun lagi kami akan melahirkan generasi muda yang hebat,”  terang beliau dalam apel pembukaan SMANAS Cup.

Di sela-sela sambutan, Ketua MKKS se-Kota Malang ini juga memperkenalkan seluruh anggota tim voli SMANAS putra dan putri. Selain itu, beliau menyampaikan beberapa prestasi siswa SMANAS dalam berbagai bidang. “Berikut adalah parade prestasi SMA Nasional Malang tingkat kota hingga nasional,” ujar Pak Rusdi seraya mempersilakan siswa yang bertugas untuk menampilkan seluruh piagam penghargaan beserta piala kebanggaan SMANAS.

Setelah itu, seremonial penyerahan bola voli dari pihak Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) kepada Pak Rusdi, kemudian diserahkan kepada tim wasit. Hal ini menandai pembukaan secara resmi turnamen bola voli putra tingkat SMP SMANAS Cup 2020. Momen tersebut juga dihiasi dengan pelepasan balon-balon ke udara guna menambah semarak acara. Tak hanya itu, penampilan memukau dari Credence SMANAS berhasil memikat para penonton dengan goyangan penuh semangat. “Saya sangat senang bisa terlibat dalam pembukaan acara SMANAS Cup dan bisa menampilkan bakat saya di depan publik,” ujar Cinta, salah satu anggota Credence SMANAS. Cinta juga menuturkan bahwa acara SMANAS Cup ini adalah acara hebat yang perlu untuk ditingkatkan terus. “Acara ini keren banget dan semoga bisa menarik perhatian seluruh siswa SMP khususnya yang menjadi peserta untuk lebih bisa mengenal SMANAS,” tambah siswi kelas X Bahasa tersebut.

Sebelum menginjak acara inti, Wakil Ketua II PBVSI kota Malang juga memberikan sambutan untuk mengapresiasi diadakannya pertandingan SMANAS Cup ini. “Saya sangat bangga karena SMANAS selalu menyumbang siswanya sebagai anggota tim inti bahkan mewakili Jawa Timur di tingkat nasional,” puji Pak Sugeng dalam sambutannya. Beliau juga berharap seluruh siswa tetap meningkatkan kemampuan akademik karena hal tersebut juga mendukung siswa, khususnya kelas atlet yang ingin menjadi pemain voli tingkat nasional. Selain itu, Pak Sugeng juga berharap, SMANAS bisa selalu mendukung kegiatan keolahragaan khususnya bidang voli. “Semoga SMANAS tetap eksis mendukung PBVSI,” pungkas beliau menutup sambutan.

Acara dilanjutkan dengan ekshibisi pertandingan persahabatan antara pemain voli putra SMANAS melawan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang (UM). Dengan dipandu langsung oleh dua pembawa acara kondang dan humoris ala SMANAS, Dimas Dalang dan Dwi Farhaan, kedua tim berlaga. Sorak sorai penonton menambah kemeriahan acara. Mereka beradu kemampuan sekaligus memberikan semangat kepada para atlet voli SMP peserta turnamen bola voli putra SMANAS Cup 2020. Hasil pertandingan ini adalah seri dengan skor 1:1 (Set 1 = 19:25, Set 2 = 27:25).

Semangat Peserta dalam Babak Penyisihan SMANAS Cup 2020

Yel-yel kegembiraan seluruh pendukung peserta mulai bergemuruh, disambut terik panas yang membakar semangat seluruh peserta untuk bertanding di lapangan SMANAS. Bahkan, kontingen dari SMP Nasional Malang yang tanding pertama, didukung oleh hampir seluruh siswa dan guru. Para atlet mulai berlaga menunjukkan bakat terbaik mereka untuk berjuang meraih juara. Riuh rendah teriakan penonton memberi semangat para atlet mewarnai setiap pertandingan yang ada. Komentar dari komentator menambah semarak acara. Terik matahari tidak membuat mereka menyerah untuk memberikan yang terbaik bagi almamater masing-masing.

“Saya tahu acara ini dari teman dan acaranya bener-bener seru. Harapannya ya ingin dapat juara dong,” ungkap Rendy, peserta SMANAS Cup dari SMP PGRI 5 Gedangan, penuh semangat. Pernyataan serupa diungkapkan oleh Alga Reza dari MTs Al-Hidayah Wajak yang mengaku bahwa dia juga ingin menjadi juara dalam pertandingan ini. “Kami sudah benar-benar berlatih keras selama satu minggu ini. Jadi, berharap sekali bisa menang,” tuturnya penuh harap. Selain itu, M. Syaikhu Rofi menyatakan bahwa dia sering ikut pertandingan voli sehingga berharap juga untuk bisa menjadi juara dalam turnamen kali ini di SMANAS Cup 2020. “Infonya tahu dari pelatih tentang SMANAS Cup ini. Mudah-mudahan saja bisa menang karena sudah sering ikut kompetisi,” pungkas siswa SMP Modern Al-Rifa’i itu.

Novan, salah satu pemain voli SMPN 22 Malang mengaku senang bisa lolos ke babak berikutnya. Meski sudah beberapa kali mengikuti turnamen voli dan pernah menjadi juara juga, Novan mengaku masih mengalami kendala. “Passing kadang tidak pas,” tutur tosser SMPN 22 Malang itu. Di sisi lain, Pak Soni Subakti, sang pelatih, berharap siswanya selalu bersemangat mengikuti turnamen sembari untuk latihan.

Harapan dan pujian dilantunkan oleh pelatih voli dari beberapa SMP/MTs. Salah satunya Pak Nur Ali yang mengaku bahwa siswanya semangat berlatih sendiri. Hujan maupun malam tidak menjadi hambatan untuk mempersiapkan mengikuti turnamen ini. “Kami melakukan dua hari persiapan, biasanya kalau malam hari mereka latihan sendiri,” ungkap laki-laki yang merupakan alumni dari SMA Nasional Malang tersebut.

Selain itu, pelatih voli di SMP Modern Al-Rifa’i ini menyatakan bahwa ingin siswanya bisa masuk SMANAS nantinya. “Mudah-mudahan bisa juara, dan juga bisa masuk SMANAS karena di sini bisa memfasilitasi siswa, khususnya bidang atlet dengan sangat baik,” pungkas beliau. Sama halnya dengan Pak Nur Ali, pelatih dari MTs Al-Hidayah Wajak juga mengungkapkan bahwa event SMANAS Cup ini sangat bagus. “Semoga setiap tahun bisa diadakan event seperti ini,” harap Pak Askut.

 Respons dari salah satu guru SMANAS pun juga tidak kalah menarik. Pak Gilang, guru Sosiologi SMANAS, menuturkan rasa kagumnya terhadap acara SMANAS Cup yang diadakan tahun 2020 ini. “Acaranya sangat keren. Semoga bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang telah direncanakan,” ungkap guru sekaligus pembina ekskul Paskibra tersebut.

Adapun hasil dari pertandingan seluruh kontingen dalam babak penyisihan adalah sebagai berikut.

  • Lapangan I
    • SMPN 16 Malang unggul atas MTs N 3 Malang dengan skor 2:0
    • SMP PGRI 5 Gedangan unggul atas MTs Bahrul Huda Kalipare dengan skor 2:1
    • MTs Al-Hidayah Wajak unggul atas SMPN 2 Malang dengan skor 2:0
    • SMPN 22 Malang unggul atas SMP Nasional Malang dengan skor 2:0
  • Lapangan II
    • SMPN 21 Malang unggul atas SMP Modern Al-Rifa’i dengan skor 2:1
    • SMPN 10 Malang unggul atas SMPN 3 Singosari dengan skor 2:0
    • SMPN 1 Kalipare unggul atas SMPN 1 Wajak dengan skor 2:0
    • SMPN 6 Malang unggul atas SMPN 7 Malang dengan skor 2:0

Selamat kepada seluruh kontingen yang sudah berhasil lolos ke babak berikutnya. Tim yang belum bisa lolos, semoga bisa tetap terus giat berlatih dan tidak patah semangat. Kalian semua hebat! (hm/fbi/apl//bya)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print
Share on email

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close Menu